10.18.2010

Virus Shortcut dan Cara Mengatasinya

Akhir-akhir ini banyak orang yang shock gara-gara tahu flashdisk mereka ditumbuhi banyak banget shortcut kagak jelas. Beruntungnya kebanyakan dari mereka langsung tahu kalau itu adalah ulah dari virus nakal yang biasa disebut virus shortcut.

Kenalan dulu sama virus shortcut
Virus ini adalah varian baru dari worm shortcut. Menurut Alfons Tanujaya, analis virus dari Vaksincom, virus ini menyebar dengan memanfaatkan celah keamanan dari sistem windows yaitu MS10-046 (celah keamanan .lnk/shortcut). Worm sendiri dibuat dengan bahasa pmrograman  Visual Basic dan memiliki ukuran yang bervariasi tergantung varian Worm.

Apa berbahaya?
Virus ini akan menyembunyikan (hide) folder dan membuat file shortcut dari folder yang  disembunyikan. Selain itu virus juga akan membuat shortcut lain diantaranya Documents.lnk, Music.lnk, New Folder.lnk, Passwords.lnk, Pictures.lnk, Video.lnk, hingga beberapa file lain. Jika file shortcut terus menerus bertambah banyak maka akan membuat kinerja komputer menjadi lambat. Virus ini akan melindungi dirinya dengan beberapa cara. Pertama Virus akan menginfeksi program anti virus dan membuat error program tersebut. Kedua virus akan memodifikasi fitur Folder Option dengan menghapus salah satu key yang ada yaitu Hide protected operating system files (recommended). Dengan selalu mengaktifkan key tersebut, maka virus tidak akan mudah dilihat atau dihapus.

Gimana ngatasinya?
Virus ini dapat diatasi secara manual (tanpa menggunakan anti virus) maupun menggunakan anti virus. Untuk cara pertama, kita bisa mengetahui caranya dari banyak tutorial yang telah beredar di internet. Cukup dengan mengetikkan keyword "cara menghapus virus shortcut" di search engine macam mbah Google atau yang lain, maka beribu hasil pencarian siap anda pilih. Kita tinggal memilih salah satu yang paling kita suka. Namun jika kita memilih cara yang lebih efisien, bisa menggunakan anti virus Smadav 8.3 yang telah dilengkapi database virus ini. Smadav 8.3 bisa didownload di sini.

Apa yang harus kita lakukan?
Yang harus kita lakukan terhadap ancaman virus ini utamanya adalah mencegah komputer kita terjangkit virus ini. Sebaiknya kita selalu melakukan scnanning terhadap segala jenis flashdisk milik teman kita yang terkoneksi dengan komputer kita. Scnannig bisa kita lakukan dengan anti virus yang terbukti mampu mengatasi ancaman virus ini. Jika flahdisk mengandung virus ini, maka anti virus akan mengetahui keberadaan virus tersebut dan kita dapat membersihkannya. Anti virus juga akan menampilkan folder-folder yang disembunyikan oleh virus. Namun jika komputer kita telah terjangkit oleh virus ini, kita bisa melakukan scanning seluruh harddisk komputer tanpa terkecuali. Jika anti virus tidak mampu mengatasi infeksi virus ini, maka kita bisa melakukan cara manual untuk mengatasinya. Tetap ingat "mencegah lebih baik dari mengobati".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes