11.29.2010

Ngobrol Sebentar Tentang "Blog"

Met pagi semua,,,
Hari masih pagi nih guys.., masih banyak waktu untuk keliling dunia. :)
Pagi ni kita bakal Ngobrol Sebentar Tentang "Blog".

Bicara tentang blog, sebenernya blog tu apa sih???

Kalo menurut saya, blog bisa dikatakan sebagai sebuah "alat" atau "media" atau "sarana".

Alat buat apa???

Buat bermacam-macam hal : bisa buat Media Sharing pengalaman, ilmu, berita, ataupun wawasan; bisa buat Existensi diri atau komunitas;  bisa buat Nyampein Ide2 / Opini2 / Gagasa2 seseorang; atau buat Bisnis Online pun bisa.

Media Sharing
Saat ini penggunaan Blog sebagai media sharing, paling banyak diminati oleh para penggunanya. Di internet banyak sekali blog-blog yang isinya tentang informasi, pengetahuan, atau sekedar curhatan si pemilik blog yang sengaja di-share agar siapapun bisa membaca tulisan-tulisan di blognya. Hal ini memang wajar terjadi karena orang umumnya mengenal blog dari aktifitas surfing mereka di internet. Umumnya masyarakat melakukan surfing untuk mencari informasi dan biasanya informasi tersebut mereka temukan dalam blog, seperti yang biasa saya lakukan. Dari situ mereka mengenal apa itu blog dan timbul asumsi bahwa blog adalah media untuk menulis segala sesuatu yang ditujukan untuk dibaca oleh siapapun yang membutuhkan informasi yang terkandung dalam tulisan tersebut. Telah banyak blog-blog terkenal di bidang ini seperti kolom-tutorial.blogspot.com dan romisatriawahono.net milik Bapak Romi Satria Wahono, owner of  ilmukomputer.com.

Existensi Diri atau Komunitas
Seseorang ataupun suatu kumpulan orang (komunitas) membutuhkan pengakuan akan keberadaan mereka oleh orang-orang di sekitarnya. Hal ini biasa terjadi pada orang-orang yang cukup dikenal di masyarakat seperti seorang artis. Seorang artis membutuhkan suatu media untuk bisa dekat dengan para penggemarnya. Blog biasa dimanfaatkan untuk hal ini. Selain untuk komunikasi, blog juga biasa digunakan untuk menulis informasi-informasi tentang si pemilik blog. Suatu komunitas juga membutuhkan suatu media informasi dan komunikasi untuk para anggotanya. Blog biasa dimanfaatkan untuk hal ini. Namun keberadaan blog untuk masalah ini mulai tergeser oleh situs-situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter.

Nyampein Ide2 / Opini2 / Gagasan2
Blog bisa menjadi media yang powerfull untuk tujuan yang satu ini. Karena sifat blog sendiri yang mudah diakses oleh siapapun, kapanpun, dimanapun serta adanya fasilitas promosi atau "memperkenalkan" blog beserta artikel-artikel di dalamnya pada publik. Banyak blog yang diisi dengan artikel-artikel tentang opini-opini dari si penulis blog yang berisi bersifat mengkritik, memberi saran, ataupun gagasan-gagasan hasil pemikiran para penulis tersebut. Si penulis akan memanfaatkan blog untuk memperkenalkan gagasan atau opini mereka kepada publik. Hal ini sangat efektif dilakukan melihat pengalaman pribadi saya yang melihat blog seperti ini ternyata banyak mendapat respon dari pembaca, seperti blogernas.co.cc.

Bisnis Online
Yang satu ini tdk perlu dibahas panjang lebar lagi. Sudah banyak beredar iklan di internet tentang bisnis online dengan blog. Bisnis online biasanya memanfaatkan blog sebagai media iklan, mulai dari google AdSense, banner, affiliate dan lain sebagainya. Sampai-sampai teman saya kemarin ketipu dengan bisnis online seperti ini. Tapi banyak juga yang udah berhasil, seperti Collis Ta'eed (blogger sukses di blog tutorial), Darren Rowse (blogger sukses di blog "make money blogging"), dan Jeremy Schoemaker (blogger sukses di blog Adsense). 

Silakan anda gunakan blog sebagai media atau alat anda untuk apapun yang anda mau, asalkan tetap pada batasan-batasan yang ada. Selamat ngeblog, selamat "menyapa dunia" dengan blog anda ^^d.

1 komentar:

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes