11.16.2010

Rumus PageRank Google

Seperti yang agan ketahui, saat ini Google Inc adalah perusahaan raksasa dunia di bidang teknologi informasi. Google memiliki search engine yang super, mengalahkan search engine lain sepesti yahoo, bing, dll. Selain search engine, google juga punya ladang bisnis lain yang tak kalah hebat. Google punya media advertising yang terkenal bernama GoogleAdsene. Google jg punya gmail, jujur ane aja paling suka pake email ini. Google juga punya Google translate, Google document, Google Earth, Google map, and many more. Agan-agan bisa lihat semua yang google punya menunjukkan betapa besar kekuasaan google di dunia maya.

Denger-denger ni gan, kesuksesan Google berawal dari rumus sederhana milik Larry Page dan Sergey Brin saat mereka menjalani program doktor di Stanford University. Rumus tersebut digunakan dalam algoritma search engine Google. Algoritma itu bernama PageRank (diambil dari nama Larry Page). PageRank meganalisis kualitas halaman dalam web berdasarkan kualitas backlink.

PageRank merupakan trademark dari Google dan sudah dipatenkan. Namun anehnya gan, pihak yang mendapat hak paten adalah Stanford University, bukan Google sendiri. Google memiliki hak eksklusif pada lisensi paten dari Stanford University. Universitas tersebut menerima 1,8 juta lembar saham Google untuk penggunaan paten, saham tersebut dijual pada tahun 2005 sebesar $ 336 juta.

Langsung aja gan. Rumusnya kayak gini:





PR(A) : PageRank dari halaman A (halaman yang akan dihitung PageRanknya)
PR(B), PR(C), PR(D) : PageRank dari halaman yang punya backlink ke halaman A
L(B) : Jumlah link dari halaman B
d : konstanta damping faktor. Nilainya 0.85
N : jumlah total halaman

Ceritanya kaya gini gan, PageRank yang tinggi menunjukkan halaman tersebut punya kualitas tinggi. Penghitungan PageRank dipengaruhi oleh kualitas halaman lain yang me-link ke halaman tersebut. Jika halaman lain yang me-link tersebut punya PageRank yang tinggi, maka akan meningkatkan PageRank halaman tersebut, begitu pula sebaliknya.

Jadi kalo agan-agan menganggap kalo suatu halaman yang punya banyak keyword pencarian, belum tentu halaman tersebut dianggap punya kualitas tinggi oleh Google karena PageRank nya belum tentu tinggi. Suatu halaman yang banyak dilink oleh halaman lain juga belum tentu punya kualitas baik. Loh koq bisa gitu??? bukannya jika banyak halaman lain yang melink menunjukkan halaman yang bersangkutan punya kualitas yang bagus??? Tunggu dulu gan, lihat lagi rumusnya. Lihat-lihat dulu PageRank halaman yang me-link. Jika PageRank halaman yang me-link tinggi maka halaman yang dimaksud bisa jadi dianggap berkualitas, tapi kalo PageRanknya rendah, kualitasnya juga akan rendah.

Agan-agan juga perlu tahu, kalo Google PageRank ini berbeda dengan "Google Toolbar" PageRank yang biasa agan pasang di widget blog punyanya agan. Kalo "Toolbar" PageRank punya skala 0-10. Nilai yang ditampilkan tak lain hanya sebuah panduan kasar aja. Toolbar PageRank yang biasa diupdate empat kali dalam setahun itu tidak 100% mencerminkan bagaimana google menilai kualitas suatu halaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes